Senin, 14 Desember 2015

TUGAS SOFTSKILL KE-3 "ANALISA SWOT PADA DIRI SENDIRI DAN WEB BISNIS"

Nama               : Ahmad Hanif
NPM               : 50412443
Kelas               : 4IA23
Dosen              : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah    : Pengantar Bisnis Informatika

Pengertian SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats)
Analisis SWOT adalah metode Perencanaan Strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor Internal dan Eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
Strenght (S) yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
Weaknesses (W) yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
Opportunity (O) yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
Threats (T) yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Manfaat analisis SWOT:
Analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Tujuan analisis SWOT:
Tujuan analisis SWOT pada perusahaan adalah untuk membenarkan  faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang telah dianalisis. Apabila terdapat kesalahan, agar perusahaan itu berjalan dengan baik maka perusahan itu harus mengolah untuk mempertahankan serta memanfaatkan peluang yang ada secara baik begitu juga pihak perusahaan harus mengetahui kelemahan yang dihadapi agar menjadi kekuatan serta mengatasi ancaman menjadi peluang.

            Analisa SWOT tidak hanya diimplenetasikan pada perusahaan atau bidang bisnis lainnya. Analisa ini juga dapat diimplementasikan pada diri seseorang untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang terdapat pada diri seseorang. disini saya akan mencoba membuat analisa SWOT pada diri saya sendiri, berikut ini tabel analisa SWOT diri saya:



Strength

Weaknesses

Opportunities

Threats
  • Menjaga kepercayaan
  • Selalu berusaha
  • menepati janji
  • Tidak selalu mengandalkan teman
  • Sulit berkomunikasi dengan orang yang baru kenal
  • Sulit mempercayai orang lain
  • Mudah tersinggung
  • Senang mempelajari 
  • bidang otomotif.
  • Selalu penasaran dengan hal yang baru.
  • Terlalu diam (kurang komunikasi) dengan orang yang lebih tua karena takut akan menyinggung, sehingga dianggap sombong.

















Analisa SWOT Jualo.com

Jualo.com adalah situs jual beli aman, tukar menukar dan tawar menawar no.1 di Indonesia untuk temukan barang baru dan bekas di sekitarmu. Jualo merupakan marketplace jual beli barang bekas yang berfokus pada pembeli berdasarkan jarak (fungsi geo-search). Pengguna memiliki pilihan untuk membeli, menjual dan / atau menawar barang, Jualo juga memfasilitasi setiap aspek dari proses jual beli.
Jualo.com tidak berperan sebagai penjual barang, melainkan sebagai perantara antara penjual dan pembeli, untuk mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di dalam platform Jualo bisa melalui mekanisme Jualo Rekber. Adapun biaya ekstra (termasuk pajak dan biaya lainnya) atas segala transaksi yang terjadi di Jualo.com berada di luar kewenangan Jualo.com sebagai perantara, dan akan diurus oleh pihak-pihak yang bersangkutan (baik itu penjual ataupun pembeli) sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia.
Jualo.com hanya mengizinkan jual beli barang yang bisa dikirim melalui jasa pengiriman (terkecuali kategori Properti, Jasa, Mobil, Motor, dan Hewan Peliharaan), sehingga jasa dan kerjasama dagang (franchise) tidak dapat diperdagangkan melalui Jualo.com terkecuali ada kerjasama resmi dengan pihak Jualo.com.


Tabel analisa SWOT jualo.com:


Strength

Weaknesses

Opportunities

Threats

  • Dapat menawar barang yang ingin dibeli secara langsung.

  • Metode pembayaran dapat dilakukan dengan COD (Cash On Delivery).



  • Jualo.com tidak bertanggungjawab atas segala resiko dan kerugian yang timbul berkenaan dengan peretasan terhadap akun pengguna yang dilakukan oleh pihak ketiga.

  • Jualo.com termasuk kedalam startup asia yang ke 9 dari 25.

  • Tingkat keamanan akun masih kurang



Analisa SWOT Blanja.com

blanja.com merupakan sebuah Joint-venture antara Telkom Indonesia dan eBay. Memiliki konsep sebagai Online-Marketplace, blanja.com memiliki lebih dari ribuan merchant yang menawarkan jutaan produk dari berbagai kategori yang terjamin orisinalitas dan kualitasnya.  Sebagai media belanja online yang terpercaya, kekuatan blanja.com selain daripada variasi produk yang beragam juga dengan berbagai bentuk kerjasama marketing yang pastinya menguntungkan semua pihak terkait.
Blanja.com juga memiliki hubungan kerjasama dengan sejumlah bank terdepan di tanah air seperti Mandiri, BNI, BCA, BRI, BTN, Mega, Niaga, ANZ, BII, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan blanja.com sangat fleksibel dalam memberikan promo menarik bagi para pelanggan. Blanja.com sukses melaksanakan berbagai aktifitas online marketing seperti clearance sale, strategic partnership serta exclusive launching Pre-Order untuk berbagai kategori produk antara lain gadget, komputer serta produk-produk elektronik lainnya.


Tabel analisa SWOT blanja.com:

Strength

Weaknesses

Opportunites

Threats
  • Kualitas dan originalitas produk terjamin.
  • Metode pembayaran fleksibel.
  • Deskripsi suatu produk sangat detil.
  • Pembayaran bisa dicicil.
  • Pengiriman barang terbilang lama.
  • Menginformasikan no.resi barang yang dikirim agak telat.
  • Banyak diskon yang ditawarkan sehingga menarik perhatian pelanggan.


  • Terlalu banyak gambar/content, bagi sebagian pelanggan akan malas mengunjungi web ini.



Analisa SWOT traveloka.com

Traveloka merupakan situs pencarian dan pembelian tiket pesawat dan hotel terbesar di Indonesia. Traveloka menampilkan hasil pencarian terlengkap agar anda dapat membandingkan harga tiket pesawat dan hotel mulai dari harga termurah. Setelah memilih hasil pencarian, Anda dapat memesan langsung di situs web Traveloka ataupun aplikasi mobile Traveloka.


tabel analisa SWOT traveloka.com:



Strength

Weaknesses

Opportunities

threats
  • Banyak promo yang ditawarkan. Sangat membantu pelanggan dalam pemesanan tiket pesawat atau hotel.

  • Bekerja sama dengan Partner Airline Domestik & International

  • Bekerja sama dengan partner Pembayaran Resmi (Indonesia) 
  • Traveloka juga tersedia pada aplikasi androids
  • Waktu transaksi pemesanan tiket kurang dari 24 jam, lebih dari itu dianggap hangus.
  • Hanya menyediakan tiket pesawat dan hotel
  • Tersedia dalam versi bahasa inggris.

  • Banyak diiklankan pada aplikasi android, televisi, radio dan lain – lain.

  • Sangat unggul dibandingakan dengan web pemesanan tiket lainnya sehingga mampu bersaing.
  • Masih banyak masyarakat yang kurang percaya dengna pemesanan tiket online.


sumber:
http://charlessimbolon.blogspot.co.id/2014/11/tujuan-manfaat-dan-fungsi-analisis-swot.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar